Advertisement

SharingMatrix.com - Free, simple and fast file hosting!

Minggu, 13 Juni 2010

Perbedaan Instance dengan Database


Kebanyakan kita mungkin tidak tahu persis perbedaan instance dan database. Banyak yang mengira bahwa instance itu ya database. Bagi yang lebih kritis lagi lantas bertanya-tanya, kalau gitu apa gunanya Oracle memakai istilah instance dan database?

Kalau kita membuat database dengan DBCA, by default nama instance dan nama database itu memang sama. Apakah nama database yang saat ini kita maintain itu sama dengan nama instance?

  • Untuk mengecek nama instance, pastinya semua DBA Oracle sudah tahu. Value dari ORACLE_SID adalah nama dari instance juga.
  • Untuk mengecek nama database, gunakan command select VALUE from v$parameter where NAME=’db_name’
Lebih jelasnya, ada baiknya kita lihat Arsitektur Database Oracle di sini http://oci-parse.blogspot.com/2010/06/arsitektur-database-oracle.html

Instance adalah struktur proses dan memory yang menjalankan sistem database (DBMS, database management system). Sedangkan database adalah sekumpulan file yang menyimpan data (yang terdiri atas datafile, controlfile, dan redo log file).

Istilah Database Oracle yang sering kita pakai itu merujuk pada database management system (DBMS) Oracle. Ngucapin database management system mungkin terlalu panjang. Ngucapin DBMS mungkin kok tidak enak. Jadi gampang-gampangan, sebut saja database.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar