Advertisement

SharingMatrix.com - Free, simple and fast file hosting!

Minggu, 13 Juni 2010

Gaji DBA Oracle di Indonesia

Beberapa waktu yang lalu saya ditelpon temen yang kerja di IT consultan. Dia nanya apakah saya ada temen DBA yang masih fresh? DBA fresh maksud dia kira-kira: mengetahui konsep dasar dan administrasi dasar database Oracle. Orang kayak gitu biasanya baru 1 tahun kerja jadi DBA Oracle, dan belum punya sertifikat OCA atau OCP. Nantinya ditempatkan di customer (telco). Gajinya di atas 5 juta perbulan. Kalau perform, gak lama lagi bisa naik gaji.


Tiga tahun yang lalu di perusahaan lama saya (juga IT consultan), orang baru lulus kuliah namun punya sertifikat OCP 9i digaji 3 juta perbulan. Setahun kemudian dia pindah ke perusahaan kompetitor digaji 7 juta perbulan. Satu tahun kemudian dia pindah lagi ke perusahaan kompetitor lain, saya gak tahu dia digaji berapa, pastinya naik.

Beberapa DBA Oracle teman saya yang betah kerja di suatu tempat, gajinya kalau naik tidaklah seberapa. Malahan sering gajinya lebih rendah dibandingkan DBA-DBA yang baru masuk. Ternyata hukum itu tetap berlaku, kalau mau naik gaji tinggi, ya mesti pindah company dulu.

Cerita saya di atas menunjukkan kisaran gaji DBA Oracle di Indonesia (khususnya Jakarta). Silahkan ditarsirkan sendiri-sendiri, itu termasuk gaji yang rendah apa tinggi.

Berdasarkan “Indonesia Salary Guide 2006″ yang dikeluarkan oleh Kelly Services, Gaji DBA (database administrator) sedikit di bawah IT Administrator, Network Administrator, Systems Engineer; dan lebih tinggi dari Analyst Programmer. DBA yang disebut mungkin terlalu general, tidak spesifik ke product tertentu (misalnya Oracle).

Saya tidak tahu keakuratan guide yang dibuat oleh Kelly Services tersebut. Namun yang jelas, berdasarkan sharing pengamalan dengan temen-temen yang kerja di dunia IT, gaji DBA Oracle tidak kalah (dan bersaing) dengan profesi-profesi yang lainnya seperti Network Administrator, Systems Engineer, dan lain-lain.

So? Buat temen-temen yang baru jadi DBA Oracle, atau yang bercita-cita ingin menjadi DBA Oracle someday nanti; ayo bersemangat. Dunia DBA Oracle menanti anda dengan memberi banyak harapan cerah.

Terambil dari http://rohmad.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar