Advertisement

SharingMatrix.com - Free, simple and fast file hosting!

Jumat, 18 Juni 2010

Membuat Crontab

Crontab adalah sebuah program yang dapat mengeksekusi secara otomatis pada saat yang diinginkan. Pembahasan kali ini adalah mengenai cara membuat file crontab. Syntax dari isi file crontab itu sendiri adalah sebagai berikut: Untuk membuat file crontab pada sesi user yang aktif, anda tinggal membuka terminal, lalu ketikkan :

crontab -e //ini untuk mengedit crontab yang ada pada sesi yang aktif.

Lalu anda edit file crontab tersebut dan ketikkan sintaks dengan format sebagai berikut:

* * * * *

Penjelasan: -Tanda asterix (*) diatas menunjukkan kapan akan dijalankan program. Terdiri dari lima bintang, yang masing-masing berarti:
  1. Bintang pertama menunjukkan menit keberapa program akan dieksekusi
  2. BIntang kedua menunjukkan jam ke berapa program akan dieksekusi
  3. Bintang ketiga menunjukkan hari keberapa program akan dieksekusi
  4. Bintang keempat menunjukkan minggu keberapa program akan dieksekusi
  5. Bintang kelima menunjukkan berapa kali dalam seminggu program akan dijalankan Jika kita tidak mengganti tanda asterix diatas dengan bintang semuanya, maka akan secara otomatis akan dijalankan setiap menit, jam, hari, minggu dan bulan Syntax berikutnya yaitu eksekusi yang ingin dilakukan. Misalnya saja contoh crontab adalah sebagai berikut:
    * * * * * rm /home/tmp
Maka secara otomatis, program akan mengeksekusi perintah diatas, yaitu meremove atau menghapus file yang berada di direktori home/tmp Setelah itu simpan file tersebut dengan menekan ctrl X , lalu simpan, secara otomatis program akan terinstal dengan sendirinya. Untuk mengetahui apakah crontab anda sudah jalan atau tidak, ketik saja crontab -l , maka anda akan melihat program crontab yang sedang berjalan. Bagaimana, mudah bukan membuatnya? silakan mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar